Mengenal Sistem CAT Akademik Polri

Halo Sahabat Praja! Buat kamu yang mau jadi Polri, tapi masih bingung dapetin info dan penjelasan mengenai CAT (Computer Assisted Test) dalam Tes Akademik Polri, sini deh~

Menjadi anggota Polri adalah cita-cita sebagian besar warga negara Indonesia. Selain karena bisa mendapatkan pekerjaan tetap, menjadi anggota Polri memberikan kesempatan untuk mengabdi kepada negara. Namun, syarat dan seleksi untuk menjadi anggota Polri tidaklah mudah. Terdapat beragam tahapan seleksi yang harus dilalui, salah satunya yakni tes akademik. Tes akademik adalah bagian penting dalam seleksi Polri yang menilai pengetahuan calon anggota Polri. Tes akademik biasanya dilaksanakan setelah peserta dinyatakan lolos dalam pemeriksaan psikologi tahap I (psikotes).

Nah ini tuh, sama halnya dengan tes psikologi, tes akademik dalam seleksi penerimaan polisi juga dilakukan dengan sistem CAT. Sistem CAT (Computer Assisted Test) adalah sistem ujian atau tes yang menggunakan teknologi komputer untuk mengelola dan menyajikan soal-soal kepada peserta ujian. Dalam konteks tes seleksi, sistem CAT sering digunakan oleh lembaga atau instansi, termasuk Polri, untuk menguji calon anggota mereka.

Sistem CAT pada tes akademik Polri sudah diterapkan sejak tahun 2020 yang diharapkan dapat mencegah perbuatan curang dan agar transparansi seleksi tetap terjaga. Lalu, apa saja aspek atau mata pelajaran yang diujikan pada Tes Akademik Polri? Dilansir dari Pengumuman Penerimaan Bintara Polri Gelombang II Tahun Anggaran 2023 yang lalu, tes akademik dilakukan menggunakan sistem CAT dengan cakupan materi sebagai berikut:

1. Pengetahuan Umum (PU)

Sesuai dengan namanya, pengetahuan umum adalah suatu pengetahuan yang diketahui oleh semua orang atau kebanyakan orang. Soal Pengetahuan Umum Polri tidak terbatas pada bidang tertentu, seperti sains atau sejarah, melainkan bisa mengenai berbagai macam bidang seperti teknologi, hiburan, sosial dan sebagainya. Dalam CAT akademik Polri, soal pengetahuan umum terdiri dari materi mata pelajaran IPA, IPS, Wawasan Nusantara, UU Kepolisian, dll. Adapun jumlah soal yang diujikan berjumlah 50 butir soal.

2. Wawasan Kebangsaan (WK)

Wawasan Kebangsaan (WK) menjadi salah satu aspek yang diujikan dalam CAT Akademik Polri. Materi Soal Wawasan Kebangsaan dalam Tes Akademik Polri meliputi meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, Wawasan Nusantara, dan Kewarganegaraan. Terdapat 50 soal Wawasan Kebangsaan dalam Tes Akademik Polri yang harus dikerjakan dalam waktu 60 menit.

Nah, ngomongin tentang Tes Wawasan Kebangsaan, Taruna Republic by Praja Edukasi ada kelas online untuk Tes Wawasan Kebangsaan loh!

@tarunarepublic

Bedah soal TWK yuk 🙌🏻 Promo mulai dari 142rb kamu udah bisa dapetin kelas online dengan 1000+ soal dan pembahasan terupdate😍 Bimbel online taruna republic! Bimbel online taruna No.1😍 Bimbel yang bukan sekedar kasih kamu video materi tapi kamu juga bakal dibimbing sampai tes oleh tentor – tentor terbaik🤗 Pastinya kamu juga bisa akses & konsultasi kapanpun dimanapun. Nah sekarang udah tau kan mau bimbel dimana !? 😉 Dapatkan harga promo terbatas hanya untuk 50 pendaftar pertama! Download aplikasi Taruna Republic di Playstore! Daftar sekarang ⬇️⬇️ www.tarunarepublic.com #bimbelonlinetaruna #bimbel #bimbelonline #tarunarepublic

♬ original sound – tarunarepublic – tarunarepublic

Promo mulai dari 142rb kamu udah bisa dapetin kelas online dengan 1000+ soal dan pembahasan terupdate!!

3. Matematika

Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam Tes Akademik dalam seleksi Polri. Mata pelajaran yang dianggap paling sulit ini sering menjadi kendala casisjuara dalam mempersiapkan diri menghadapi seleksi Polri. Berbeda dengan mata pelajaran lainnya, dalam tes akademik Polri soal matematika yang diujikan hanya berjumlah 40 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 60 menit.

4. Bahasa Inggris

Materi Bahasa Inggris dalam CAT Akademik Polri meliputi diantaranya reading, grammar dan vocabulary. Adapun jumlah soal yang diujikan adalah 50 soal dengan durasi mengerjakan 60 menit. Sebagian besar gagal karena mendapatkan nilai akademik khususnya Bahasa Inggris yang pas-pasan. Tidak tahu dengan pasti materi yang harus dipelajari dan kurang berlatih menjadi beberapa faktor pemicu kurang maksimalnya nilai tes akademik.  Untuk mendapatkan nilai yang maksimal dalam tes akademik Polri, diperlukan pemahaman materi yang mendalam, latihan soal dan persiapan yang matang.

Gimana, sudah jelas kan? Tapi kalo kamu mau dapetin bimbingan belajar tentang materi CAT akademik Polri yang sudah meluluskan ribuan alumni terbaik di Indonesia, klik di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *