Taruna News Update!

Taruna News Update!

by Taruna Republic (Praja Edukasi Company)

Dapatkan Informasi terupdate dan terkini dalam bentuk artikel dengan pembahasan serta sudut pandang yang menarik dari Taruna Republic (Praja Edukasi Company)

Pengertian SKD dan Peran Pentingnya dalam Tes CPNS

Pengertian SKD dan Peran Pentingnya dalam Tes CPNS

Pelaksanaan event Try Out berbasis CAT yang diselenggarakan oleh Praja Edukasi (2023) (Dok. Praja Edukasi/Taruna Republic)

Have a great day Sahabat Praja! Kali ini kita akan membahas tentang Pengertian SKD dan Peran Pentingnya dalam Tes CPNS.

Seperti yang kita tahu nih ya, kalau para pelamar CPNS 2024 harus berhasil mengumpulkan nilai di atas ambang batas tes agar dinyatakan lulus. Oleh karena itu, penting bagi setiap pelamar untuk mempelajari jenis-jenis tes CPNS 2024 untuk bersiap-siap. Berikut ini uraian lengkap seputar lima jenis tes CPNS 2024.

Eh..tapi sebelumnya, kita harus tahu dulu Pengertian SKD, dan kepoin apa bedanya dengan SKB!

Let’s check this out!

Apa sih SKD? Trus apa bedanya dengan SKB?

Bukan Sok Kenal Dekat ya! Hahaha! Berdasarkan Peraturan Menteri PANRB Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil, seleksi CPNS memiliki dua kelompok besar tes, yakni SKD dan SKB. Namun, perlu dicatat bahwasanya sebelum dapat mengikuti SKD dan SKB, pelamar harus lolos dari seleksi administrasi terlebih dahulu.

Pengertian SKD dan Peran Pentingnya dalam Tes CPNS

Penyelenggaran SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) 2023 lalu (Dok. Kementerian Perdagangan)

SKD adalah singkatan dari Seleksi Kompetensi Dasar. Seleksi ini akan mengukur kemampuan dan karakteristik pelamar dari segi pengetahuan, keterampilan, dan perilaku. Dalam pasal 35 peraturan yang sama, dijelaskan bahwasanya SKD terdiri atas tiga tipe tes, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Sedangkan, SKB adalah Seleksi Kompetensi Bidang. Tujuan tes ini adalah menilai sejauh mana keahlian pelamar, baik dari segi pengetahuan, keterampilan, maupun perilakunya untuk menyelesaikan tanggung jawab pekerjaan yang diemban.

Jenis Tes CPNS 2024

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai lima jenis ujian CPNS 2024. Calon pelamar bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin sembari menunggu pendaftaran CPNS 2024 resmi dibuka. Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah mempelajari jenis-jenis ujian CPNS dan materinya.

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Bagian pertama dari SKD CPNS adalah TWK. Tes Wawasan Kebangsaan ini bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, dan pilar negara.

Lebih lanjut, dikutip dari buku Panduan Resmi Tes CPNS CAT 2023/2024 oleh Raditya Panji Umbara dan Sahda Halim, materi yang ada dalam tes TWK cukup luas. Mulai dari sejarah nasionalisme, lembaga-lembaga negara, sampai Pancasila.

2. Tes Intelegensia Umum (TIU)

Dalam pasal 37 peraturan yang telah disebutkan, tujuan TIU adalah menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan peserta seleksi dalam tiga bidang. Ketiganya adalah kemampuan verbal, numerik, dan figural.

Soal-soal kemampuan verbal meliputi analogi, silogisme, dan analitis. Sementara itu, tes kemampuan numerik berisikan soal hitungan sederhana, deret angka, perbandingan kuantitatif, dan soal cerita. Adapun kemampuan figural berisi soal analogi, ketidaksamaan, dan serial.

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Bagian terakhir SKD CPNS adalah TKP. Tes ini bertujuan menilai kemampuan peserta dalam bidang pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, dan anti radikalisme.

Biasanya, soal TKP berbentuk cerita. Peserta seleksi harus membaca tuntas soal cerita tersebut dan memutuskan jawaban terbaik. Nantinya, masing-masing jawaban memiliki bobot tersendiri. Paling rendah adalah 1, paling tinggi 5, dan tidak menjawab bernilai 0.

4. SKB CAT

Sama dengan SKD, tes SKB CPNS 2024 akan diselenggarakan dengan sistem CAT (Computer Assisted Test) oleh BKN. Materinya untuk pelamar jabatan fungsional akan disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional. Sementara itu, bagi jabatan pelaksana yang bersifat teknis, materi SKB nya akan memakai soal SKB yang sesuai atau masih satu rumpun dengan jabatan terkait.

5. SKB Tambahan

Dalam pasal 43 Peraturan Menteri PANRB Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil, dijelaskan bahwasanya selain materi SKB CAT, materi SKB tambahan dapat berupa:

  • Psikotest
  • Tes potensi akademik
  • Tes kemampuan bahasa asing
  • Tes kesehatan jiwa
  • Tes kesegaran jasmani/tes kesamaptaan
  • Tes praktik kerja
  • Uji penambahan nilai dari sertifikat kompetensi
  • Wawancara
  • Tes lain sesuai persyaratan jabatan.

Apabila instansi pusat menggelar SKB Tambahan, maka SKB CAT BKN menjadi nilai utama dengan bobot paling rendah 50% dari total keseluruhan nilai SKB. Sementara itu, apabila terdapat jenis/bentuk tes wawancara pada SKB, bobot paling tingginya adalah 30% dari keseluruhan nilai SKB. Terakhir, jika ada tes berupa uji penambahan nilai dari sertifikat kompetensi, bobot paling tingginya adalah 20% dari nilai keseluruhan SKB.

Ketentuan berbeda terjadi apabila penyelenggara SKB tambahan adalah instansi daerah. Dalam kondisi tersebut, SKB CAT memiliki bobot paling rendah 60% dari nilai keseluruhan, sedangkan SKB Tambahannya memiliki bobot paling tinggi 40%. .

Pengertian SKD dan Peran Pentingnya dalam Tes CPNS

JADI BEGINI..

TELAH DIBUKA!

Hi Sahabat Praja! Yuk persiapkan diri kamu untuk lulus tes kedinasan 2024! Dengan mengikuti PRAJA INTERAKTIF ZOOM CLASS SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) 2024 bersama Praja Edukasi !! Harga terjangkau dengan banyak keuntungan yang memukau. Buruan! Yuk daftarkan diri kamu sekarang, karena peserta terbatas!

dah gitu aja wkwkwk..next!

Sistem Penghitungan Nilai Tes CPNS 2024

Dilansir detikEdu, berkaca pada seleksi CPNS 2023, jawaban benar pada TWK bernilai 5, sedangkan salah atau tidak menjawab nilainya 0. Aturan yang sama juga diberlakukan bagi TIU. Adapun TKP, bobot jawaban terendah 1, tertinggi 5, dan tidak menjawab 0.

Berdasarkan pasal 48 Peraturan Menteri PANRB Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil, total poin SKD dan SKB akan diintegrasikan menjadi satu. Ketentuannya, SKD memiliki bobot sebesar 40%, sedangkan SKB sebesar 60%.

Apabila ada dua peserta yang memiliki nilai integrasi sama, maka prioritas keputusannya didasarkan pada:

  • Nilai kumulatif SKD tertinggi.
  • Jika masih sama, penentuan kelulusan didasarkan secara berurutan, mulai dari TKP, TIU, sampai TWK yang tertinggi.
  • Apabila masih tetap sama, kelulusan didasarkan pada nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) bagi lulusan diploma/sarjana/magister, atau nilai rata-rata tertinggi di ijazah untuk lulusan SMA/sederajat.
  • Bila hasilnya masih tetap berimbang, maka penentuan kelulusan didasarkan pada usia pelamar yang paling tinggi.

Demikian penjelasan lengkap lima jenis tes CPNS 2024 yang calon pelamar wajib ketahui. Semoga penjelasannya bermanfaat.

Ya, bermanfaat.

*manfaat-manfaat apa yang nyiksa? Hidung manfaat!!…………..hey MAMPET hey!!!

meme kocak gamau dikasih semangat (Dok.X/@mukaikhlas)

Terimakasih Sahabat Praja, sampai ketemu di artikel selanjutnya ya!

ATTENTION!!

Hi Sahabat Praja,
Tahun ajaran baru sebentar lagi dimulai nih!
Yuk daftarkan diri kamu sekarang!

PROMO TAHUN AJARAN BARU 2024-2025
Dapatkan diskon sampai dengan 40%
untuk 15 orang pendaftar pertama!
Buruan daftarkan diri kamu, karena peserta terbatas!
Promo hanya sampai dengan tanggal 13 Juli 2024!

For more info:
0812-1929-5361 or click this link/on the button below

Praja Edukasi
Ksatria Muda Nusantara!