Taruna News Update!

Taruna News Update!

by Taruna Republic (Praja Edukasi Company)

Dapatkan Informasi terupdate dan terkini dalam bentuk artikel dengan pembahasan serta sudut pandang yang menarik dari Taruna Republic (Praja Edukasi Company)

Pendaftaran Poltekim Kemenkumham 2024, Resmi Dibuka!

Hello Sahabat Praja! Setelah kita bahas tentang pembukaan pendaftaran Poltekip Kemenkumham 2024. Nah! Sekarang nih, giliran kita bahas tentang pendaftaran Poltekim Kemenkumham 2024! Catat ketentuan dan syaratnya ya!

Politeknik Imigrasi (Poltekim) merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang cukup populer di Indonesia. Pada operasinya, mereka berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Mengutip laman resminya, Poltekim menyelenggarakan pendidikan kedinasan yang berfokus pada penerapan ilmu pengetahuan dan keahlian di bidang keimigrasian. Dulunya, sekolah kedinasan ini sempat dikenal dengan nama Akademi Imigrasi (AIM).

Pada prosesnya, Poltekim memiliki beberapa program studi (prodi) yang ditawarkan. Di antaranya seperti D4 Manajemen Teknologi Keimigrasian, D4 Administrasi Keimigrasian, D4 Hukum Keimigrasian, dan D3 Keimigrasian.

Terkait lokasi, sebelumnya Poltekim diketahui berada di Jalan Raya Gandul No. 4, Gandul, Kec. Cinere, Kota Depok, Jawa Barat. Pada 2019 lalu, Kemenkumham meresmikan gedung kampus baru Poltekim di Tanah Tinggi, Tangerang, Banten.

Nah Sahabat Praja! Mengutip laman resmi Kemenkumham, pembangunan kampus Poltekim baru ini ditujukan sebagai salah satu upaya penguatan guna menciptakan sumber daya manusia yang andal.

Galeri Politeknik Imigrasi (Dok.mantek.poltekim.ac.id)

So ga perlu lama-lama lagi, ini dia spesial buat kamu yang lagi cari info tentang pendaftaran Poltekim Kemenkumham 2024. Taruna News Update telah merangkum penjelasannya mulai dari kuota formasi, syarat, hingga cara daftarnya, Yuk kepoin di sini ya!

Kuota Formasi Pendaftaran Poltekim Kemenkumham 2024

Satu tambah satu dua (tjakepp)..
Sahabat Praja, yuk lanjut baca….yhaaa

Nah! Berdasarkan dari Pengumuman Nomor SEK-KP.02.04-167 tentang Penerimaan Calon Taruna/Taruni Sekolah Kedinasan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Tahun Anggaran 2024, disampaikan mengenai kuota formasi Sekolah Kedinasan di Poltekip dan juga Poltekim di tahun ini.

Sebagai informasi, Poltekim merupakan akronim dari Politeknik Imigrasi. Sementara itu, Poltekip adalah Politeknik Ilmu Pemasyarakatan. Kedua perguruan tinggi tersebut diketahui berada di bawah naungan Kemenkumham RI.

Merujuk dari pengumuman yang disampaikan oleh Kemenkumham tersebut, pada tahun ini formasi Sekolah Kedinasan Poltekip dan Politeknik terbuka untuk umum dan pegawai. Total formasi sebanyak 400 diperuntukkan bagi umum, sedangkan formasi pegawai tersedia sebanyak 110.

Secara khusus, formasi umum terbuka bagi siapa saja yang memenuhi kualifikasi persyaratan yang telah ditetapkan oleh pihak instansi. Akan tetapi berbeda dengan formasi pegawai yang hanya dibuka bagi mereka yang telah diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kemenkumham dan telah memenuhi kualifikasi persyaratan.

Nah Sahabat Praja, berikut adalah rincian syarat daftar Sekolah Kedinasan Kemenkumham 2024 untuk memudahkan para peserta. cekidot! :

Formasi Umum Poltekim
Kuota yang tersedia untuk pria 175 orang sedangkan wanita 25 orang
Formasi Pegawai Poltekim
Untuk formasi ini memiliki kuota untuk pria sebanyak 5 orang dan wanita 5 orang
Previous slide
Next slide

Syarat Pendaftaran Poltekim Kemenkumham 2024

Terus.. apa aja sih syarat yang dibutuhkan untuk mendaftar dalam Sekolah Kedinasan di Poltekim Kemenkumham 2024?

Sama seperti penjelasan Poltekip sebelumnya, di Sekolah Kedinasan Poltekim juga terdapat dua formasi yang tersedia. Dalam hal ini terdapat formasi umum maupun formasi pegawai, yang memiliki syarat masing-masing yang perlu untuk diketahui oleh para peserta.

Dan dikutip dari pengumuman yang disampaikan secara resmi oleh Kemenkumham RI, berikut syarat formasi umum pendaftaran Poltekim Kemenkumham 2024 secara terperinci, yaitu :

  • Warga Negara Indonesia (WNI), bagi pria maupun wanita.
  • Pendidikan minimal SLTA/sederajat.
  • Usia minimal 17 tahun atau maksimal 23 tahun 0 bulan 0 hari terhitung sejak tanggal pendaftaran 15 Mei 2024 yang dapat dibuktikan melalui Akta Kelahiran maupun surat keterangan lahir.
  • Memiliki tinggi minimal 160 cm bagi wanita dan 170 cm bagi pria.
  • Berat badan yang ideal sesuai dengan hasil pengukuran saat tes kesehatan dan pengamatan fisik.
  • Mempunyai fisik yang sehat dan tidak cacat fisik maupun mental.
  • Bebas dari penggunaan narkoba, HIV/AIDS, tidak memakai kacamata atau softlens.
  • Tidak tuli, bisu, buta warna, maupun pernah mengalami patah tulang.
  • Tidak memiliki tato atau bekas tato dan tidak memiliki tindik atau bekas tindik (bagi pria maupun wanita, sedangkan untuk wanita ada tambahan penjelasan : selain di area telinga yang lebih dari sepasang telinga
  • Belum pernah menikah baik itu secara negara, adat, maupun agama. Hal ini harus dibuktikan melalui Surat Keterangan yang diberikan secara resmi oleh lurah/kepala desa setempat.
  • Bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti masa pendidikan.
  • Belum pernah melahirkan bagi wanita dan belum pernah memiliki anak biologis bagi pria.
  • Bersedia untuk ditempatkan pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Imigrasi dan Pemasyarakatan di seluruh wilayah Indonesia.
  • Tidak terikat atau menjalani ikatan dinas maupun pekerjaan di instansi maupun perusahaan lain.

Sementara itu, terdapat syarat pendaftaran Poltekim Kemenkumham 2024 yang harus dipenuhi oleh peserta yang melamar formasi pegawai. Sebab itu berikut adalah beberapa syarat yang perlu diperhatikan:

  • Memenuhi persyaratan yang telah disebutkan dalam formasi umum secara menyeluruh.
  • Memiliki usia maksimal 25 tahun 0 bulan 0 hari terhitung sejak tanggal pendaftaran 15 Mei 2024 yang dapat dibuktikan melalui Akta Kelahiran maupun surat keterangan lahir.
  • Telah mendapatkan persetujuan untuk mengikuti pendidikan ikatan dinas dengan pangkat atau golongan ruang setinggi-tingginya Pengatur Tk.I / (II/b). Hal ini dibuktikan dengan surat pengantar dari Pejabat Pimpinan Tinggi (Pimpinan Unit Eselon II atau Kepala Kantor Wilayah).
  • Tidak sedang dalam proses pemeriksaan atau tidak sedang menjalani Hukuman Disiplin tingkat sedang hingga berat dibuktikan dengan Surat Keterangan yang ditandatangani secara digital oleh Sekretaris Unit Utama / Kepala Biro / Kepala Kantor Wilayah melalui SISUMAKER.
  • Memiliki Penilaian Prestasi Kerja Pegawai (PPKP) Tahun 2022 dan Tahun 2023 minimal bernilai Baik atau Sesuai Ekspektasi dan seluruh komponen atau unsur penilaian PPKP minimal baik serta telah membuat Sasaran Kerja Pegawai (SKP) Tahun 2024 pada Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG). PPKP dibuat secara manual sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara.
  • Bagi pegawai yang sedang menduduki jabatan fungsional, bersedia untuk mengundurkan diri dari jabatan fungsional setelah diterima sebagai calon Taruna/Taruni.

Bagi kamu yang bercita-cita menjadi Taruna Poltekim/p, Bimbel Poltekim/p, Taruna Republic (Praja Edukasi Company) merupakan solusi terbaik! Mengingat semua yang kamu butuhkan untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi tes Poltekim/p lengkap semuanya ada disini.

Kami berfokus pada materi yang akan dihadapi siswa pada saat tes nanti yang meliputi SKD (Tes Inteligensi Umum, Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Karakteristik Pribadi), Psikotes (Tes Kecerdasan, Kecermatan, Kepribadian), dan Latihan Fisik.

Ayo bergabung bersama kami segera!

ok! Lanjut..

Cara Daftar Poltekim Kemenkumham 2024

Secara umum, pendaftaran Poltekim Kemenkumham 2024 dilakukan secara online melalui laman resmi DIKDIN BKN bagi formasi umum dan SIMPEG Kemenkumham bagi formasi pegawai. Namun, agar lebih memudahkan peserta dalam mengikuti seleksi ini, berikut akan dipaparkan secara lengkap cara daftar Sekolah Kedinasan Kemenkumham 2024:

  • Wajib melakukan pendaftaran secara online dan mengunggah dokumen persyaratan melalui laman https://dikdin.bkn.go.id mulai tanggal 15 Mei sampai 13 Juni 2024.
  • Khusus bagi calon peserta formasi pegawai dan formasi pegawai putra-putri Papua atau Papua Barat. Pendaftaran, unggah dokumen lamaran, hingga cetak tanda bukti pendaftaran dilakukan secara online melalui laman https://simpeg.kemenkumham.go.id/devp/siap/signin.php mulai tanggal 15 Mei sampai 13 Juni 2024.
  • Hanya diperbolehkan memilih satu pilihan Sekolah Kedinasan. Apabila memilih lebih dari satu pilihan, maka secara otomatis dinyatakan gugur dan tidak dapat mengikuti tahapan seleksi administrasi.
  • Peserta tidak diperkenankan melakukan komunikasi dengan panitia yang dapat mengarah pada tindakan penyimpangan maupun kecurangan selama proses seleksi berlangsung.
  • Mengunggah dokumen yang dipersyaratkan.
Pendaftaran Poltekim Kemenkumham 2024

diketawain aja guys, jangan serius-serius amat wkwkwk! (Dok.X/@fikrihakiki)

Dokumen Pendaftaran Poltekim Kemenkumham 2024

Dalam hal ini, terbagi menjadi formasi umum dan formasi pegawai. Oleh karena itu berikut rangkuman dokumen yang perlu dipersiapkan oleh peserta yang melamar formasi umum:

  • Berkas lamaran yang telah ditandatangani dan bermeterai Rp 10.000, ditujukan kepada Kemenkumham RI di Jakarta. Format surat lamaran dapat diunduh melalui laman resmi Catar Kemenkumham RI. Kemudian dokumen asli yang diunggah.
  • Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) atau Surat Keterangan telah melakukan perekaman kependudukan secara elektronik (asli) yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang.
  • Ijazah asli, khusus bagi luar negeri yang memiliki ijazah berbahasa asing wajib melampirkan surat penyetaraan atau persamaan ijazah dari pejabat yang berwenang (kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi).
  • Untuk lulusan SLTA tahun 2024 dapat melampirkan Surat Keterangan Lulus (asli) yang ditandatangani oleh kepala sekolah (tercantum kop surat sekolah) sebagai pengganti ijazah.
  • Akta Kelahiran atau Surat Keterangan Lahir (asli) yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (bukan dari bidan atau puskesmas atau rumah sakit).
  • Keterangan belum pernah menikah (asli) yang telah ditandatangani oleh lurah atau kepala desa sesuai domisili (bukan surat yang ditandatangani oleh calon peserta, ketua RT, ketua RW atau orang tua calon peserta saja).
  • Pernyataan enam poin yang telah ditandatangani dengan menggunakan pena bertinta hitam dan bermeterai Rp10.000. Format surat pernyataan dapat diunduh pada laman resmi Catar Kemenkumham RI. Kemudian dokumen asli yang diunggah.
  • Lalu Surat Pernyataan Persetujuan dari orang tua atau wali peserta. Format surat pernyataan dapat diunduh pada laman resmi Catar Kemenkumham RI. Kemudian dokumen asli yang diunggah.
  • Pas foto berwarna latar belakang merah untuk Poltekip.
  • Seluruh dokumen yang telah dipersiapkan dan diunggah adalah scan dokumen asli berwarna, tidak hitam putih. Calon peserta dianjurkan untuk memastikan kembali dokumen yang diunggah bisa dibuka atau file tidak mengalami kerusakan, serta dapat terbaca dengan jelas.
Pendaftaran Poltekim Kemenkumham 2024

Try Out Akbar adalah event besar tahunan yang biasa dilakukan Praja Edukasi dan Taruna Republic (Praja Edukasi Company) (Dok. Praja Edukasi/Taruna Republic)

Selanjutnya, berikut dokumen yang harus dipersiapkan oleh peserta yang mendaftarkan dirinya dalam formasi pegawai:

  • Lamaran yang telah ditandatangani dan bermeterai Rp 10.000, ditujukan kepada Kemenkumham RI di Jakarta. Format surat lamaran dapat diunduh melalui laman resmi Catar Kemenkumham RI. Kemudian dokumen asli yang diunggah.
  • Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) atau Surat Keterangan telah melakukan perekaman kependudukan secara elektronik (asli) yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang.
    Ijazah asli, khusus bagi luar negeri yang memiliki ijazah berbahasa asing wajib melampirkan surat penyetaraan atau persamaan ijazah dari pejabat yang berwenang (kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi).
  • Keterangan belum pernah menikah (asli) yang telah ditandatangani oleh lurah atau kepala desa sesuai domisili (bukan surat yang ditandatangani oleh calon peserta, ketua RT, ketua RW atau orang tua calon peserta saja).
  • Surat pernyataan enam poin yang telah ditandatangani dengan menggunakan pena bertinta hitam dan bermeterai Rp10.000. Format surat pernyataan dapat diunduh pada laman resmi Catar Kemenkumham RI. Kemudian dokumen asli yang diunggah.
  • Pas foto berwarna latar belakang biru khusus untuk Poltekim.
Pendaftaran Poltekim Kemenkumham 2024

Suasana kelas dalam kegiatan belajar mengajar kelas CPNS di Praja Edukasi Lampung (Dok. Praja Edukasi/Taruna Republic)

OK NEXT! wkwk..

  • Khusus calon peserta formasi pegawai putra-putri Papua/Papua Barat melampirkan surat keterangan asli dari kelurahan/kepala desa/kepala suku/ketua/anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) yang menerangkan bahwa calon peserta asli dari Papua/Papua Barat berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak dan/atau ibu) asli dari Papua.
  • Persetujuan dari pejabat pimpinan tinggi (pimpinan unit eselon II atau kepala kantor wilayah). Format surat pernyataan dapat diunduh pada laman resmi Catar Kemenkumham RI. Kemudian dokumen asli yang diunggah.
  • Pernyataan Persetujuan dari orang tua atau wali peserta. Format surat pernyataan dapat diunduh pada laman resmi Catar Kemenkumham RI. Kemudian dokumen asli yang diunggah.
  • Keterangan tidak dalam proses pemeriksaan atau sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat yang ditandatangani secara digital oleh sekretaris unit utama/kepala biro/kepala kantor wilayah melalui SISUMAKER. Format surat pernyataan dapat diunduh pada laman resmi Catar Kemenkumham RI. Kemudian dokumen asli yang diunggah.
    SK CPNS, SK PNS, SK pangkat terakhir, PPKP Tahun 2022 dan Tahun 2023 yang diunggah atau di-update pada aplikasi SIMPEG masing-masing.
  • Penilaian Prestasi Kerja Pegawai (PPKP) Tahun 2022 dan Tahun 2023 minimal bernilai Baik/Sesuai Ekspektasi dan seluruh komponen/unsur penilaian PPKP minimal Baik serta telah membuat Sasaran Kerja Pegawai (SKP) Tahun 2024 pada Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG). PPKP dibuat secara manual sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara.
  • Seluruh dokumen yang telah dipersiapkan dan diunggah adalah scan dokumen asli berwarna, tidak hitam putih. Calon peserta dianjurkan untuk memastikan kembali dokumen yang diunggah bisa dibuka atau file tidak mengalami kerusakan, serta dapat terbaca dengan jelas.
Pendaftaran Poltekim Kemenkumham 2024

Yaudah gitu aja.
Jalan-jalan ke bekasi (tjakeeeepp!)
Taruna Republic hadir untuk kamu pejuang Taruna…yhaaaaa

DON'T FORGET TO..

Sahabat Praja!
Yuk ikutan Sharing Session dalam acara Webinar Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) 2024 Sekolah Kedinasan 2024 bersama Praja Edukasi !!

G R A T I S !!
(kuota terbatas)

Catat hari dan tanggalnya ya!
Dan daftarkan diri kamu sekarang juga, dengan klik flyer diatas ya!